WELCOME TO MY BLOG RiiFQiie

Kamis, 09 Desember 2010

Aplikasi Ponsel QR Code Reader

Anda sering menjumpai gambar seperti disamping ini ? Ya, itu adalah QR Code. QR Code adalah bentuk evolusi barcode dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Penggunaan QR code sudah sangat lazim di Jepang Hal ini dikarenakan kemampuannya menyimpan data yang lebih besar dari pada barcode sehingga mampu mengkodekan informasi dalam bahasa Jepang sebab dapat menampung huruf kanji.QR code  telah mendapatkan standarisasi internasional dan standarisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510 dan telah digunakan secara luas melalui ponsel di Jepang.
QR adalah singkatan dari Quick Response, sesuai dengan nama nya, tujuan dibuat QR code adalah untuk menyimpan informasi dengan cepat, dan mendapatkan respons yang cepat pula. QR code mula-mula dikembangkan oleh perusahaan Denso Wave di Jepang. Di Indonesia teknologi QR code mungkin masih kurang dimanfaatkan, tapi harian kompas, pada pertengahan 2009 lalu sudah memuali menggunakan teknologi ini.
Kita belum membahas bagaimana cara meng-generate kode-kode QR :D . Sekarang kita membahas software untuk reader nya dulu. Setelah kemarin mencari-cari, akhir nya ketemu juga QR code reader yang dapat di install di HP SE W610i saya. QR code reader ini bekerja dengan memindai kode menggunakan kamera ponsel, jadi selain harus mendukung java, ponsel anda juga harus ada kamera nya. Saya pertama meng-install i-nigma dengan meng-akses langsung URL tersebut melalui ponsel. Setelah instalasi selesai, saya coba. Ternyata ruang tangkap kamera nya mengecil dari ruang tangkap kamera semestinya. Akibat nya dalam menangkap dan menerjemahkan QR code sangat kurang bagus. Dengan i-nigma ini saya sering gagal membaca kode. Biasanya pesan error nya gambar nya terlalu blur, atau memang kode tidak bisa di tangkap.
kaywa qr code reader
kaywa qr code reader
Kemudian saya mencoba download kaywa reader musti registrasi dulu untuk emndwnload. Setelah selesai, langusng saya transfer ke W610i saya, kemudian saya install. Begitu menjalankan kaywa reader, ruang tangkap kamera lebih besar, karene benar-benar menyesuaikan dengan apliaksi kamera yang ada di ponsel. Kebetulan W610i saya juga ada auto focus, dan di kaywa juga auto focus saat men-shoot kode nya. Jadi dengan kaywa reader, kode-kode yang sebelumnya tidak terbaca dengan i-nigma, terbaca dengan baik menggunakan kaywa reader. Jadi memang kaywa reader lebih baik dalam membaca QR code ketimbang i-nigma.
Namun jika anda belum punya HP yang mendukung java dan kamera tidak perlu khawatir. Anda dapat membaca QR code dengan meng-akses http://zxing.org/w/decode.jspx. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar